Kepo Is It A Good Thing or A Bad Thing?

Kepo? Tentu kalian udah familiar yaa sama kata yang satu ini. Sering banget dalam pergaulan kita-kita nih kata “kepo” tuh diucapin. Apa sih kepo itu? Ada yang bilang kepo itu kelakuan polisi. Kenapa kelakuan polisi ya? Katanya sih karena suka nanya-nanya. Tapi ada lagi pendapat lain tentang kepanjangan kepo, yaitu knowing every particular object. Yah, apapun kepanjangannya tapi intinya tetep satu, ingin tahu.

kepo

Nah, pasti pernah dong kalo temen kita lagi cerita dan kita hampirin mereka terus terjadi percakapan seperti berikut, “lagi ngomongin apa?” dan teman kita jawab “kepo..”. Orang yang kepo itu biasanya pengen banget tau urusan orang lain, nah karena keinginan ini jadinya timbul persepsi negatif ke orang yang kepo tersebut. Tapi, gak semua orang yang kepo itu dipandang negatif loh!

Kepo itu ternyata ada tipenya juga. Ada pendapat yang menyatakan bahwa kepo itu ada 3 tipe. Mau tau gak apa aja? Check this out!

1.      Kepo yang care

Kepo yang care??? Iya, jadi kepo tipe ini adalah jenis kepo yang levelnya masih ringan banget. Keponya hanya sebatas peduli atau khawatir gitu. Misalnya, “kok lo pucet banget? Belom makan ya? Atau sakit?”.

2.      Kepo inisiatif

Nah kepo tipe kedua ini kayaknya sih yang paling positif yaa, karena kepo inisiatif ini adalah jenis kepo yang bermanfaat banget untuk diri kita. Tapi kembali lagi ke pelaku kepo yang buat tipe ini bisa membuahkan hasil yang sangat positif. Kepo inisiatif biasanya tuh kepoin hal-hal baru untuk dipelajari, bisa dari pelajarin sifat sampai ilmu. Yah contohnya sih gampang aja, misalnya kita kepo sama cara belajar orang yang pinter banget di kelas.

3.      Kepo stadium akhir

Tipe ketiga adalah kepo stadium akhir. Ini adalah kepo level berat. Well, karena kepo tipe ini udah melewati ambang batas. Orang kepo yang udah masuk tipe ini, biasanya pengen tau banget segala urusan. Tipe ini target kepoannya tuh gak terbatas. Mau itu urusan temen, gebetan, pacar atau bahkan urusan orang yang dia gak kenal deket sekalipun!

Hmm, kalian masuk kepo tipe mana nih? :P Well, kepo gak salah sih tapi yaa kita harus batasin juga kadar kekepoan kita. Daripada kita kepo sama urusan temen-temen yang emang gak berhubungan sama kita, mending alihkan rasa kepo kita ke hal yang lebih bermanfaat untuk diri kita sendiri. Tentunya, jangan sampe kita gak peka sama lingkungan sekitar juga ;)

Nah, itu dia hal-hal tentang kepo yang mungkin bisa ngebuat kalian para pembaca untuk lebih hati-hati lagi dalam mencari tahu sesuatu. So, kepo is good or bad?

(Narissa Arviani)

 

FacebookTwitterGoogle+Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *