Tips mempersiapkan ujian

Hello guys! Gak kerasa udah semester dua aja, nih. Kayaknya baru kemarin  mulai tahun ajaran baru. Pastinya, minggu-minggu ini dan seterusnya jadwal kalian bakal dipenuhin sama yang namanya ulangan/ujian. Nah, disini blogcast26 akan membagi beberapa tips seputar persiapan ulangan/ujian. Yuk dibaca!

  1. Buat suasana belajar yang nyaman

Setiap orang pasti punya gaya belajar masing-masing, kan? Pilihlah suasana belajar yang bikin kamu nyaman atau mendukung gaya belajarmu. Misalnya nih , belajar sambil dengerin musik, atau belajar di tempat yang sepi seperti perpustakaan. Tujuannya adalah agar kegiatan belajarmu tidak terganggu karena hal kecil, yaitu rasa gak nyaman. Karena rasa gak nyaman bisa bikin konsentrasi kita buyar lho.

  1. Pilih waktu belajar yang tepat

Waktu belajar yang paling tepat ialah ketika badan kita terasa sehat. Kalo badan kita sehat, semua materi pelajaran rasanya gampang banget deh masuk ke otak kita. Ya kan?  Selain itu hindari Sistem Kebut Semalam (SKS) karena itu bikin kita lelah sehingga tubuh kita jadi kurang fit. Akhirnya malah masuk uks deh bukan ujian hehe ;)

  1. Pahami materi yang diujikan

Fungsi belajar itu apasih? Yang jelas kita belajar untuk memahami hal-hal baru. Sebelum ujian, kita terkadang lebih sering menghafal materi sehingga ketika kita panik, kita malah lupa semua yang udah dipelajarin. Gak maukan hal-hal kayak gitu terjadi lagi? Caranya adalah dengan memahami garis besar materi, baru kita menghafal. Jadi kalau kita lupa, kita dapat membuat improvisasi yang berinti sama meski dalam kalimat/bentuk berbeda.

  1. Perbanyak Latihan Soal

Orang bilang sih, otak kita itu ibarat pisau, semakin sering diasah, semakin tajam. Gimana cara mempertajam otak kita? Gak lain dan gak bukan adalah dengan banyak berlatih. Kalo kita banyak latihan soal kita bakal tau dong gimana sih macam-macam soal ujian dan kalau lagi untung, bisa aja soal yang pernah kita kerjain keluar waktu ujian, jadi gaperlu repot-repot panik lupa rumus deh. :D

  1. Percaya diri dan Istirahat yang cukup

Kadang kalo waktu ulangan pelajaran yang sulit kita suka ngerasa gak percaya diri, kan? Mulai sekarang buang pikiran itu jauh-jauh. Karena ternyata percaya diri bisa bikin kita lebih konsentrasi dalam mengerjakan soal. Kita kerjakan soalnya santai aja jangan takut ditinggal temen atau selesai paling terakhir. Yang gak kalah pentingnya adalah istirahat yang cukup biar pas ujian badan kita fit dan kita lebih siap ngerjain soalnya.

Gimana nih tips-tipsnya guys? Patut dicoba, kan? Yuk mulai sekarang terapin cara belajar yang lebih efektif dan jangan lupa berdoa setiap mau ulangan/ujian. Selamat mencoba dan good luck buat semuanya!

FacebookTwitterGoogle+Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *