Tips Menghadapi MOS

Hai semuanya! Tidak terasa ya sudah memasuki tahun ajaran baru 2013/2014. Nah, blogcast26 punya beberapa tips buat teman-teman yang terdaftar sebagai peserta didik baru SMA untuk  mengikuti MOS (Masa Orientasi Siswa).

mos

#Tips 1: Semangat dan Niat!

Memulai apapun harus dengan niatan dan semangat yang tinggi, sama halnya untuk memulai masa SMA dibutuhkan semangat dan niat yang tinggi untuk mengikuti MOS atau MOPDB. Karena masa-masa itulah yang akan terkenang selama masa SMA kalian. Dan ikuti tips-tips lainnya agar masa MOS kalian terkenang secara positif. :)

#Tips 2: Disiplin dan jaga perilaku.

Jadikan MOS itu jangan tegang. Kalau suasannya tegang, ya itu sebenarnya hanya masalah bagaimana kita memandang suatu suasana. Kalo suasananya tegang tapi kita woles aja, santai kan? Tapi kalau suasananya sewoles apapun tapi kitanya yang tegang, jadi serem kan? Nah sebenernya kuncian dari MOS adalah kita disiplin mengikuti jadwal yang ada, dan perlu bawa barang apa saja. Tapi bukan berarti kita harus terima-terima saja apa yang dilakukan terhadap kita. Kita bisa memberi saran dan kritik kepada senior hanya saja dengan perilaku yang baik. Karena perilaku kakak-kakak terhadap kalian bergantung kepada bagaimana kalian berlaku terhadap kakak-kakak.

#Tips 3: “Cerdas”

Huftt capek deh MOS disuruh bawa ini itu, name tag ribet, kuncir sana-sini, topi yang aneh, malu-maluin aja. Males bangett. Nah! Sebenarnya dalam MOS kalian hanya butuh berlaku cerdas. Mm bagaimana tuh? Jadi kalo kalian keberatan bikin name tag sendiri, kalian bisa ajak teman kalian bikin name tag bareng. Lumayan kan kerjanya jadi lebih mudah dan nambah temen. Dan kalo kalian malu disuruh kuncir sana-sini, topi yang aneh, kalian gak harus menggunakan itu dari rumah kok! Kalian bisa berangkat ke sekolah dengan penampilan seperti biasa tapi dateng yang lebih pagi ya! Kalian bisa kuncir-kunciran di sekolah bareng sama temen-temen yang lain. Mudah kan? Dan kalo tentang menggunakan topi yang aneh, kalian bisa pake itu di sekolah. Selama perjalanan ke sekolah, simpen aja atribut MOS tersebut. Nah kalo kayak gitu kan jadi gampang dan gak usah takut diliatin orang-orang pas nunggu angkot atau saat macet di lampu merah. ;)

#Tips 4: Aktif! :D

Selain tips-tips diatas, tips yang satu ini gak kalah pentingnya. Untuk mengikuti MOS dengan baik dan membuat MOS itu memorable secara positif bagi kalian, kalian harus jadi peserta yang aktif. Gak usah lagi deh tuh jaim! Apalagi sama kelas sendiri, wih (sok) asik-asikin aja. Lagipula nanti teman-teman yang sama-sama peserta MOS bakal jadi teman seangkatan juga kan. Ohiya, untuk hal-hal yang menurut kalian janggal atau masih membingungkan, jangan takut tanyakan kepada kakak-kakak panitia. Begitu juga saran dan kritik, kakak-kakak panitia pasti bisa mengerti, asalkan disampaikan dengan baik. :)

#Tips 5: Hati-hati di social media.

Walaupun sekarang ini penggunaan social media sudah sangat marak (terutama buat remaja ababil curhat), tapi ada sebaiknya kalo kalian tidak banyak protes mengenai MOS melalui socmed. Cukup protesnya curhat sama temen saja, atau bahkan langsung protes ke kakak panitianya langsung dibandingkan mengatakan hal-hal buruk dan kata-kata kasar tentang MOS. Coba yuk, gunain socmednya untuk hal yang lebih positif. Membantu teman dengan menjelaskan ukuran name tag misalnya? :)

(Gita Kartika Ramadhani)

FacebookTwitterGoogle+Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *