Yuk, Mulai Pemilahan Sampah!

baliho

Selama ini, banyak slogan-slogan yang menyerukan tentang ‘pembuangan sampah pada tempatnya’. Tapi, apasih yang dimaksud dengan ‘pada tempatnya’? Apakah hanya dengan tidak membuang sampah sembarangan? Memang benar, dengan membuang sampah ke tempat sampah sudah dapat dikatakan pada tempatnya, tapi alangkah lebih baik kalau kita juga memilah sampah yang kita buang ke tempat yang seharusnya. Hal ini dikenal dengan pemilahan sampah.

Kalian pasti sering dong, menjumpai tempat-tempat sampah dengan warna yang berbeda baik dipinggir jalan, maupun di lingkungan sehari-hari seperti di area sekolah kita. Sebenarnya apa maksud dari tempat sampah yang berbeda itu?  Maksudnya adalah agar masyarakat merasa familiar dan terbiasa untuk melakukan pemilahan sampah sebagai salah satu upaya pengelolaan sampah.

Apa saja jenis-jenis sampah?  

Berdasarkan sifatnya, sampah dibagi menjadi 3, yaitu,

  1. Sampah organik, atau sampah yang mudah terurai. Sampah organik ini berupa sisa-sisa makanan, bangkai hewan, atau kotoran hewan.
  2. Sampah anorganik, atau sampah yang sulit terurai. Sampah jenis ini membutuhkan waktu yang sangat lama untuk diurai. Contohnya adalah logam, kaca, dan plastik.
  3. Sampah Berbahaya, berupa sisa-sisa zat kimia seperti tinta alat tulis.

Apasih manfaat dari pemilahan sampah?

  1. Mengurangi timbunan sampah

Karena banyaknya produksi sampah masyarakat terutama di daerah perkotaan, tentu akan memerlukan waktu yang lama mengelola sampah (Memilah, Daur ulang, pembuatan kompos, dll.). Belum lagi barang anorganik yang membutuhkan waktu ratusan tahun untuk mengurai. Kalau begitu kebayang dong seberapa luas TPA untuk menampung sampah yang campur aduk?

  1. Mengurangi pencemaran lingkungan

Pemilahan sampah dapat mencegah zat-zat beracun dari sampah untuk merusak lingkungan lho. Karena kalau sudah terpilah dengan baik, maka sampah beracun tersebut akan lebih mudah ditangani tanpa harus melalui TPA untuk dipilah kembali. Selain itu, lingkungan kita bisa kelihatan asri juga. Pasti nyaman dong kalo lingkungan kita asri.

  1. Nilai Ekonomis

Banyak sampah yang ternyata punya banyak nilai ekonomis lho, blogcaster! Tapi, sampah yang mempunyai nilai ekonomis adalah sampah yang masih dalam keadaan baik dan belum bercampur dengan sampah lain. Nah disinilah pemilahan sampah berperan. Jadi kita tidak perlu memisahkan sampah secara manual dan takut kalau sampah tersebut sudah tidak dalam keadaan baik serta harus repot mencuci terus dijemur kembali. Kita bisa langsung memanfaatkan sampah-sampah yang telah dipilah, dengan metode 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Kita bisa membuat barang-barang sederhana dari sampah kering, atau kompos dari sampah basah. Hasil daur ulang itu bisa kita jual dan untung-untung punya penghasilan dari hal kecil yaitu pengelolaan sampah yang baik.

 

Nah, blogcaster! Udah pada taukan apa aja jenis-jenis sampah dan manfaat pemilahan sampah? Kalau begitu, yuk,  kita mulai pemilahan sampah! Kita bisa mulai dari lingkungan rumah sendiri dan lingkungan sekolah. Lagipula, kalau bukan kita yang mempelopori, siapa lagi? Dan kalau bukan sekarang, kapan lagi? :D

FacebookTwitterGoogle+Pinterest
Comments
  1. Forrest Dimaio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *