Apa sih OSIS itu?

OSIS adalah satu-satunya wadah organisasi siswa yang sah di sekolah. Oleh karena itu setiap sekolah wajib membentuk Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

OSIS dibentuk dengan tujuan pokok sebagai berikut:

  1. Menghimpun ide, pemikiran, bakat, kreativitas, serta minat para siswa ke dalam salah satu wadah yang bebas dari berbagai macam pengaruh negatif dari luar sekolah
  2. Mendorong sikap, jiwa dan semangat kasatuan dan persatuan di antara para siswa, sehingga timbul satu kebanggaan untuk mendukung peran sekolah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar
  3. Serta sebagai tempat dan sarana untuk berkomunikasi, menyampaikan pemikiran, dan gagasan dalam usaha untuk mematangkan kemampuan berfikir, wawasan, dan pengambilan keputusan.

Gimana sih caranya jadi pengurus OSIS di SMAN 26?

Pengurus OSIS SMAN 26 terbentuk melalui beberapa tahap seleksi, yaitu:

  1. Seleksi awal
  2. LKS (Tahap 1 dan tahap 2)
  3. Diklat

Struktur Organisasi

Pembina OSIS periode 2013-2014 adalah Ibu Dra. Giatika yang selalu memantau dan mendampingi kinerja OSIS. OSIS terdiri dari 20 orang pengurus yang terbagi ke dalam 2 bagian, yaitu BPH (Badan Pengurus Harian) dan Siebid (Seksi Bidang). Jumlah pengurus OSIS tidak selalu sama pada tiap periode, namun dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Pada kepengurusan OSIS periode kali ini, calon OSIS periode berikutnya telah mendapat jabatan sementara sebagai Seksiebid (Sekretaris Seksi Bidang). Berikut adalah struktur inti OSIS periode 2013-2014:

Struktur OSIS 2

FacebookTwitterGoogle+Pinterest